Minggu, 21 November 2010

Strategi Untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja Dan Motivasi

Dewasa ini dengan semakin ketatnya persaingan bisnis mengakibatkan perusahaan dihadapkan pada tantangan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup. Untuk menjamin keberlangsungan usaha dalam hamparan tingkat kompetisi yang sangat tajam dan memenangkan tingkat persaingan perlu ditunjang oleh tenaga kerja yang terampil, karena teknologi yang sempurna bila tidak didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas, maka perusahaan tidak akan mampu berjalan dengan baik. Sebagai pendorong sumber daya manusia untuk bekerja adalah motivasi.

Peranan motivasi ini adalah untuk dapat melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan semaksimal mungkin, usaha peningkatan semangat kerja seseorang akan selalu terkait dengan usaha memotivasinya sehingga untuk mengadakan motivasi yang baik perlu mengetahui kebutuhan-kebutuhan para tenaga kerja.

Kebutuhan-kebutuhan yang dapat dijadikan motivasi yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. Menaikan upah karyawan.
2. Memberikan kenaikan jabatan kepada karyawan yang berprestasi.
3. Kepastian kerja.
4. Memberikan bonus uang tunai kepada karyawan yang berkinerja baik dalam perusahaan.
5. Memberikan kompensasi kepada karyawan.
6. Menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.

Menurut Armstrong (1998: 97) menyatakan bahwa seorang karyawan yang tidak puas atas pekerjaannya dapat dimotivasi bekerja lebih baik lagi untuk memperbaiki dirinya. Maka dengan adanya motivasi tinggi dan kepuasan kerja yang baik tercermin dari rasa tanggung jawab dan gairah kerja yang menciptakan suatu keinginan untuk bekerja dan memberikan sesuatu yang terbaik untuk pekerjaannya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi dan kepuasan kerja merupakan faktor penentu dalam mencapai kinerja karyawan. Diharapkan dengan adanya motivasi dan kepuasan kerja dapat mencapai tujuan perusahaan yang diinginkan.

Sumber :
• http://etd.eprints.ums.ac.id/7052/1/P100020113.pdf
• http://bukuku.net/ebook/jurnal_peran_upah.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar