Jumat, 06 Juni 2014

Tugas Akuntansi Internasional : Soal - Soal dan Jawaban



1.      Apa yang dimaksud dengan Harmonisasi dalam Akuntansi Internasional?
Jawab :
Harmonisasi merupakan proses untuk meningkatkan kesesuaian praktik akuntansi dengan menentukan batasan-batasan seberapa besar praktik-praktik tersebut dapat beragam.

2.      Sebutkan nama komite pertama yang mengatur tentang akuntansi internasional?
Jawab :
International Accounting Standard Committee (IASC) yang didirikan pertama kali pada tahun 1973, yang sekarang berubah nama menjadi International Accounting Standard Board (IASB)

3.      Bagaimanakah kondisi Harmonisasi Standar Akuntansi di Indonesia?
Jawab :
Indonesia sudah melakukannya namun sifatnya baru, harmonisasi dan selanjutnya akan dilakukan full adoption atas standar inetrnasional tersebut. Adopsi standar akuntansi international tersebut terutama untuk perusahaan publik.

4.      Apa tujuan analisis pelaporan keuangan?
Jawab :
Tujuan analisis keuangan adalah untuk mengevaluasi kinerja perusahaan pada masa kini dan masa lalu, dan untuk menilai apakah kinerjanya dapat dipertahankan. Selain itu tujuan analisis keuangan adalah untuk menganalisis sejauh mana hasil yang dilaporkan perusahaan mencerminkan realitas ekonomi.

5.      Sebutkan langkah-langah dalam melakukan evaluasi kualitas akuntansi suatu perusahaan!
Jawab :
(1)  Identifikasikan kebijakan akuntansi utama 
(2)   Analisis fleksibilitas akuntansi 
(3)   Evaluasi strategi akuntansi
(4)   Evaluasi kualitas pengungkapan
(5)   Indentifikasikan potensi terjadinya masalah
(6)   Buatlah penyesuaian atas distorsi akuntansi.

6.     Sebutkan apa saja yang menjadi kesulitan dalam melakukan analisis keuangan internasional!
Jawab :
Dalam menganalisis keuangan internasional terdapat kesulitan-kesulitan analisis strategi bisnis internasional, yaitu ketersediaan informasi dan rekomendasi untuk melakukan analisis.

7.     Jelaskan bagaimana mengatasi kesulitan-kesulitan dalam analisis keuangan internasional seperti pada nomor 6 diatas!
Jawab :
Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan analisis laporan keuangan internasional dan perbedaan prinsip akuntansi antar negara dapat dilakukan dengan beberapa pendekatan seperti:
a.    Beberapa analis menyajikan ulang ukuran akuntansi asing menurut sekelompok prinsip yang diakui secara internasional, atau sesuai dengan dasar lain yang lebih umum.
b.     Beberapa yang lain mengembangkan pemahaman yang lengkap atas praktik akuntansi di sekelompok negara tertentu dan membatasi analisis mereka terhadap perusahaan perusahaan yang berlokasi di negara-negara tersebut.

8.     Apa yang dimaksud dengan pengendalian kendali manajemen dalan akuntansi internasional?
Jawab :
Struktur sistem pengendalian manajemen merupakan komponen-komponen yang berkaitan dengan lainnya yang secara bersama-sama membentuk sistem. Struktur sistem pengendalian manajemen diperlukan oleh organisasi perusahaan karena menuntut semua perusahaan yang memasuki lingkungan tersebut memiliki kekuatan lebih untuk bersaing.

9. Dalam melakukan kendali manajemen perusahaan memerlukan suatu alat perencanaan dalam menunjang kegiatan manajemennya, sebutkan dan jelaskan alat perencanaan tersebut!
Jawab :
Dalam melakukan kendali manajemen perusahaan memerlukan alat perencanaan yang dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang relevan di masa depan, pemindaian terhadap lingkungan eksternal dan internal. Alat tersebut membantu perusahaan dalam mengenali kesempatan dan tantangan yang ada. Salah satu alat tersebut adalah analisis WOTS-UP yang menyangkut kekuatan dan kelemahan perusahaan yang berkaitan dengan lingkungan operasi perusahaan.

10.  Adaptasi (penyesuaian) oleh perusahaan multinasional atas model perencanaan investasi tradisional telah dilakukan dalam tiga bidang pengukuran, sebutkan bidang-bidang pengukuran tersebut!
Jawab :
(1) menentukan pengembalian yang relevan untuk investasi multinasional,
(2) mengukur ekspektasi arus kas, dan
(3) menghitung biaya modal perusahaan multinasional.

1 komentar:

  1. Thank you, good article ...
    This world exists, Viagra Usa Bandung it is only necessary that we pay attention to it before it disappears. The speed of things nowadays has taken away the ability to teach this to our children. It is up to us to reverse this picture, and I do not mean the world, but each one in his house, with his children, nephews and brothers.
    Agen Klg Asli Bandung

    BalasHapus